Sabtu, 15 Maret 2014

Konfigurasi Jaringan VirtualBox

VirtualBox merupakan aplikasi open source untuk membuat sistem operasi secara virtual, jadi tanpa ada CPU secara fisik dan bisa dikatakan mirip dengan aplikasi VMware. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan virtual sistem operasi, salah satunya kita bisa belajar menggunakan banyak komputer walau hanya memiliki 1 komputer secara fisik dan yang pastinya hemat biaya.

Kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing pengalaman untuk konfigurasi jaringan pada virtual box. Beberapa fitur jaringan pada virtualbox, yaitu : NAT, Bridge Adapter, Host Only Adapter, Internal Network dan Generic Driver. Untuk kesempatan kali ini saya hanya membahas tentang NAT, Bridge Adapter dan Host Only Adapter. Berikut ini penjelasannya :

  • Konfigurasi NAT (Network Address Translation)
Pada fitur ini proses konfigurasi cukup untuk dilakukan, pilihlah menu    Setting->Network. Kemudian centang opsi Enable Network Adapter dan pilih opsi NAT, langkah selanjutnya klik OK. 


  • Konfigurasi  Bridged Adapter
    Pada fitur ini koneksi jaringan akan kita tentukan akan melalui jaringan LAN atau WIFI. Pilihlah Menu Setting->Network, kemudian centang opsi Enable Network Adapter, pilihlah opsi Bridged Adapter dan tentukan jaringan mana yang akan dipilih eth0 atau wlan0, jika telah selesai maka klik OK.
  • Konfigurasi  Host Only Adapter
    Pada fitur ini kita akan membuat sebuah Land card virtual yang akan digunakan sebagai gateway oleh komputer virtual untuk bisa saling komunikasi. Pilihlah Menu File->Preference->Network. kemudian add host network.
    Ubah lah konfigurasi Ip address jaringan sesuai kebutuhan dengan cara klik menu Edit Host Only Network. 

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar